Powered By Blogger

Total Tayangan Halaman

Senin, 27 Januari 2014

Hasil diskusi infus 1

1.      Pengertian infuse / sediaan parenteral volume besar
a.       Menurut  FI III, hal: 12
Infuse intravena adalah sediaan steril berupa larutan atau emulsi, bebas pirogen dan sedapat mungkin dibuat isotonis terhadap darah, disuntikkan langsung ke dalam vena dalam volume relative banyak.
b.      Menurut DOM Martin, Hal:973
Sediaan parenteral volume besar merupakan sediaan yang diklasifikasikan berdasarkan jumlah volume cairan yang diinjeksikan dan volume cairan berdasarkan tiap-tiap wadah yang volume wadahnya dapat berkisar dari 50-2000 ml, meskipun ukuran yang biasanya tersedia adalah 150, 250, dan 1000 ml.
c. Encyclopedia of Pharmaceutical Technology (hal. 201)
Larutan iv volume besar ditujukan untuk injeksi yang dimaksudkan untuk penggunaan intravena. Large volume solution dikemas dalam wadah berisi 100ml atau lebih. Larutan steril volume besar termasuk yang digunakan untuk irigasi atau dialisis. Mereka dapat dikemas dalam wadah dalam wadah yang dikosongkan dengan cepat, mengandung suatu volume lebih dari 1000ml.
d. Lukas (hal 73)
Infuse adalah larutan dalam jumlah besar, terhitung mulai dari 10 ml yang diberikan melalui intravena tetes demi tetes dengan bantuan peralatan yang cocok.
·         RPS: 1543
Infusa adalah larutan encer dari bahan-bahan obat yang terlarut. Infus yang baik disiapkan dengan memaserasi obat dalam waktu singkat menggunakan air dingin atau panas.

·         Ansel 448
Larutan sediaan parenteral volume besar digunakan dalam terapi pemeliharaan untuk pasien-pasien yang akan atau sudah dioperasi, atau untuk penderita yang tidk sadar dan tidak dapat menerima cairan, elektrolit dan nutrisi lewat mulut. Larutan-larutan ini dapat juga diberikan dalam terapi pengganti pada penderita yang mengalami kehilangan banyak cairan dan elektrolit yang beat.
·         (SDF,163) larutan intravena volume besar dimaksudkan untuk injeksi penggunaan intravena dan dikemas dalam wadah 100 ml atau lebih.
·         (PTM,3) Produk suntik lain diberikan secara langsung ke dalam sirkulasi pembuluh darah dimasukkan cairan infuse atau biasa lebih dikenal parenteral volume besar (LVPs)
Kesimpulan
Infus adalah sediaan steril yang berupa larutan/emulsi bebas pirogen dan partikulat yang dibuat isotonis terhadap darah yang diberikan secara langsung ke dalam vena dengan volume yang relatif besar, dikemas dalam wadah dosis tunggal dengan volume 100-1000 ml yang digunakan untuk memperbaiki gangguan elektrolit dan cairan tubuh yang serius, menyediakan nutrisi dasar dan digunakan sebagai bahan pembawa obat.

2.      Syarat2 sediaan parenteral volume besar
·         FI III, 12
Tidak mengandung bakterisid
Tidak mengandung zat dapar
Harus jernih dan bebas partikulat
·         RPS, 1570
Harus steril
Dibuat dengan API
Tidak mengandung pirogen dan partikulat atau jernih
·         SDF, 163
Bebas pirogen dan partikulat
Steril
Dikemas dengan wadah 150-1000 ml
Harus jernih
Isotonis, bisa juga hipertonis
·         Kesimpulan
Harus Steril
Semua sediaan parenteral volume besar harus steril. Sehingga akan menjamin produk sediaan dengan proses sterilisasi yang sah dan pengemasan produk dalam bentuk yang steril.

bebas pirogen
Pirogen atau bakteri endotoksin adalah metabolit dari produksi pertumbuhan mikroba. Kontaminasi pirogen pada produk parenteral biasanya berasal dari 3 sumber utama yaitu air yang digunakan sebagai solven, wadah yang berkontak dengan larutan selama proses formulasi, pengepakan, penyimpanan atau penggunaan. Atau penggunaan bahan kimia dalam produk yang di formulasi.

bebas bahan partikulat
Bahan partikulat tidak di inginkan, tidak diketahui, dan secara klinik tidak di butuhkan dalam terapi. Bahan partikulat dari produk parenteral dapat timbul dari beberapa sumber dan aktivitas.
a.       Dari larutan itu sendiri atau bahan kimianya
b.      Proses pembuatannya seperti lingkungan, alat-alat dan personilnya
c.       Komponen pengemasannya yang akan berkontak dengan produk
d.      Peralatan yang digunakan dalam pemberian produk
e.       Penyalahgunaan selama formulasi produk seperti lingkungan tempat penyiapan.
Bebas Dari bahan pengawet
Jumlah bakteriostatik yang signifikan, yang di perlukan dalam mengontrol efektifitas mikroba dapat menimbulkan efek yang mengganggu dalam penggunaan larutan parenteral volume besar.

infuse dikemas dalam wadah yang memiliki kapasitas 150-1000 ml.
jenis wadah infuse yang kecil berkapasitas 250 ml yang tersedia dengan isi 50 dan 100 ml untuk pengenceran obat saat digunakan dengan teknik piggy back. Semua larutan parenteral volume besar harus dikemas dalam wadah sekali pakai. Wadahnya biasanya terbuat dari kaca atau plastik fleksibel dan semi rigit.

harus jernih
mengandung zat-zat yang dapat berasimilasi dan dimanfaatkan oleh system sirkulasi seperti etil alcohol, asam amino, dekstrosa, elektrolit dan vitamin.
Tonisitas
Cairan invus intravena harus isotonic atau hipertonik untuk meminimalkan nyeri pada pembuluh darah meskipun diinginkan cairan intravena isotonis untuk meminimalkan trauma terhadap darah, larutan hipertonik atau hipotonik dapat diberikan secara sukses.

3.      Tujuan penggunaan infuse ?
·         Parrot : 283
·         Modern P
Untuk persediaan elektrolit dan nutrisi
Mencegah dehidrasi jaringan, mengembalikan volume darah
·         SDF; 163
Untuk perbaikan keseimbangan elektrolit
Untuk mengganti cairan tubuh
Lihat tabel hal 166
·         Encyclo,204 (lihat tabel no 201)
Sebagai pembawa obat-obat lain
Memperbaiki larutan elektrolit
Nutrisi dasar
Nutrisi total parenteral
·         Rps, 1990 ;1570
Memperbaiki keseimbangan elektrolit

Memperbaiki cairan tubuh

Penyediaan nutrisi dasar

penyediaan TPN

pembawa obat lain
kesimpulan

4.      Pengertian pirogen
a.       Menurut  scoville’s, hal:
Jenkins, G.L., Don, E.F., Edward, A.B., Glen, J.S. 1957. Scoville’s The Art Of Compounding. Ninth Edition. McGraw-Hill. New York. Hal.: 195.
Pirogen didefinisikan sebagai produk yang terlarut, tersaring, termostabil dari pertumbuhan bakteri berukuran kecil pada titik reaksi pirogen.  Pirogen sangat berkaitan dengan antigen bakteri secara kimia dan mungkin merupakan kompleks polisakarida yang dekat dengan radikal lain yang mengandung nitrogen dan phosporus.

b.      Menurut ensiklo vol.II, hal:
menurut  ensiklopedia, 203
pirogen atau bakteri endotoksin adalah hasil metabolit dari pertumbuhan bakteri. Lipopolisakarida yg larut air, tahan panas ini tidak dapat dihancurkan oleh sterilisasi panas atau filtrasi.
c.       Menurut Lachman, 1296
Pirogen adalah produk metabolisme yang umumnya dihasilkan oleh bakteri dan kapang serta virus. Secara kimiawi pirogen adalah zat lemak yg berhubungan dengan suatu molekul pembawa yg biasanya merupakan polisakarida tetapi biasa juga merupakan suatu peptida.
·         DOM : 994
Pirogen merupakan hasil dari metabolisme dari mikroorganisme. Secara kimia tersusun dari lemak alami dan biasanya berikatan dengan polisakarida atau pembawa asam amino.
·         Modern pharmaceutical,
Pirogen adalah hasil atau produk utama lipid polisakarida dari hasil metabolism dari mikroorganisme. Pirogen ini dapat berupa larutan, bukan larutan maupun koloid. Pyrogen diproduksi dari bakteri basil gram negative yang paling kuat.
Sedikit banyak di antara pirogen menghasilkan beragam reaksi pada manusia dan binatang, termasuk demam, leukopenia, alterasi pada pembekuan darah. Dosis besar dapat menyebabkan shock dan akhirnya menyebabkan kematian.
·         rps 18th , 1990 ; 1550
pirogen adalah produk dari pertumbuhan mikroorganisme. Yang paling berpotensi sebagai substansi pirogenik adalah dihasilkan dari produksi bakteri gram negative (endotoksin), tetapi bakteri gram positif dan fungi juga dapat menghasilkan bahan pirogenik juga dengan potensi yang lebih kecil.
·         F steril : 81
·         Kesimpulan
Pirogen adalah bakteri endotoxin yang merupakan produk metabolit dari pertumbuhan MO dengan sifat  larut air, lipopolisakarida, tahan panas yang menimbulkan panas ketika diinjeksikan secara IV, serta tidak dapat dihancurkan melalui sterilisasi uap, dan filtrasi tetapi dapat dirusak dengan pemanasan kering.

5.      Macam2 pirogen ;
·         PTM, 151
Struktur endotoksin terdiri dari fragmen lipid A, yang mendempet pada moicty gula yang secara efektif melarut dalam bagian lipid. Selain itu terdapat beberapa rantai antigen O-spesifik yang terdiri atas fragmen oligosakarida yang khas dan dibolehkan melebihi 1000 salmonella dan 100 e.coli untuk di identifikasi.
·         Kesimpulan
Pirogen exogen adalah pirogen yang terdapat diluar tubuh, berasal dari mikroba, fungsi, virus, serta nonbakterial seperti obat steroid fraksi plasma dan bahan obat dalam injeksi yang berfungsi menginduksi/menstimulasi pirogen endogen
Pirogen endogen dihasilkan secara internal pada sel inang dan menghasilkan respon stimulasi dari pirogen eksogen yang dihubungkan dengan mekanisme kontrol suhu tubuh.

6.      Mekanisme demam dan efek pirogen
 
















7.      Sumber2 pirogen
·         Menurut  SDF, hal: 46
Sumber-sumber pyrogen :
Ketika pyrogen terdapat di produk parenteral, mereka datang dari 3 sumber :
Air yang digunakan sebagai pelarut.
Wadah larutan yang telah mengalami kontak selama persiapan, pengemasan, penyimpanan, atau pada saat pemberian.
Bahan kimia yang digunakan dalam persiapan larutan.

·         Menurut ensiklo vol.II, hal:
Menurut Ensiklopedia, 203
Kontaminasi pirogen pada produk parenteral biasanya berasal dari tiga sumber utama : air yang digunakan seebagai pelarut; wadah larutan yang mengalami kontak selama penyiapan, pengemasan, penyimpanan, atau pemberian; atau penggunaan bahan kimia pada penyiapan produk

·         Lachman hal 1296
Pirogen bisa memasuki produk dengan cara apa saja yang bisa memperkenalkan mikroorganisme atau produk dari pertumbuhannya. Sumber yang paling banyak adalah air, zat terlarut yang terkontaminansi, dan wadah.

·         (DOM,995) pirogen dapat berada dimanapun mikroorganisme dapat tumbuh atau sedang tumbuh. Pelarut seperti air adalah aalah satu sumber utama, tetapi air dapat bebas dari pirogen dengan efektif destilasi. Wadah dan peralatan adalah sumber lain dari pirogen melalui pencucian dan akhir membilas dengan pirogen bebas air ditandai dengan berkurangnya senyawa pirogen.
·         (RPS,1550) Pirogen dapat masuk dalam sebuah persiapan dengan cara apapun yang akan memasukan mikroorganisme hidup atau mati. Mungkin sumber potensi terbesar dari kontaminasi tersebut adalah air yang digunakan dalam pengolahan. Meskipun destilasi yang tepat akan memberikan pirogen bebas air, kondisi penyimpanan harus sedemikian rupa sehingga mikroorganisme tidak masuk  dan stidak berlanjut
sumber potensi lain dari kontaminasi adalah peralatan. Materi pyrogenic melekat kuat pada kaca dan permukaan lainnya. Residu dari larutan adalah perlatan yang sering digunakan menjadi biakan bakteri dengan kontaminasi pyrogenic berikutnya. Peralatan dibersihkan, dibiarkan basah dan diarahkan terkena atmosfer mungkin mengandung nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan mikroorganisme. Karena pengeringan tidak menghancurkan pirogen, mereka boleh tetap dalam peralatan untuk jangka waktu yang lama. Mencuci yang memadai akan sangat mengurangi dan selanjutnya pemanasan kering akan membuat peralatan yang terkontaminasi untuk digunakan.
Zat Terlarut dapat menjadi sumber pirogen. Zat Terlarut mungkin mengkristal atau diendapkan dari cairan berair yang mengandung kontaminasi pyrogenic. Dalam proses ini, pirogen dapat terperangkap di dalam lapisan partikel. Dalam kasus seperti zat terlarut harus dimurnikan dengan cara rekristalisasi, endapan yang dicuci atau cara lain menghilangkan pirogens

·         Kesimpulan
Sumber pirogen:
a. air yang tidak dibebas pirogenkan
    air bebas pirogen yang letaknya dalam wadah yang tidak steril
    air yang sudah dibebas pirogenkan tetapi digunakan lebih dari 24 jam setelah proses sterisasi
b. wadah air
c.  bahan terlarut
    bahan iritasi yang mudah meningkat
    bahan-bahan yang dari alam



Tidak ada komentar:

Posting Komentar