Powered By Blogger

Total Tayangan Halaman

Jumat, 27 Desember 2013

Spektrofotometri



BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Spektrofotometri dapat mengindikasikan bahwa setiap obat harus dapat bekerja secara maksimal dalam tubuh terutama dalam hal penyerapannya. Prinsip yang digunakan adalah suatu molekul obat dapat menyerap ultraviolet dan cahaya tampak dengan kemungkinan bahwa elektron molekul obat  akan tereksitasi ketingkat yang lebih tinggi.
Penentuan kadar suatu sediaan dapat menghasilkan suatu gagasan dalam hal pencemaran lingkungan. Pencemaran Herbisida sangat memprihatinkan sehubungan dengan pencemaran lingkungan. Sehingga dianggap perlu penentuan kadarnya dalam air dan lahan lindi yang memiliki kelarutan baik terhadap herbisida. Hernanjez (2011) mengusulkan tekadnya menganalisis hexazinone golongan herbisida dengan metode analisis spektrofotometri derivative UV-Vis.
Kurkumin digunakan sebagai penambah rasa makanan dan luas nya aktivitas sebagai antioxidant untuk pencegahan dari  berbagai penyakit. Kekayaan kurkumin sebagai Antioxidant alami dapat dievaluasi dengan berbagai metode sebagian besar spektrofluorimetri dan spektrofotometri, mencakup penentuan  tentang unsur reaktif asam thiobarbituric ( TBARS), sebagai hasil lipid peroxidasi disebabkan oleh AAPH ( 2,2’-azobis ( 2-amidinopropane) hydrochloride).
Dalam makalah ini akan dibahas mengenai berbagai penggunaan spektrofotometri dalam dunia sains maupun farmasi mencakup penentuan kadar Hexazinone dilingkungan masyarakat dengan spektrofotometri derivat uv-vis (PLS) juga penerapan spektrofotometri uv-vis dalam evaluasi aktivitas antioxidant dari kurkumin.

B.  Rumusan Masalah

Rumusan masalah dari makalah ini adalah :
1.      Apakah yang dimaksud dengan spektrofotometri derivatif UV-Viss?
2.      Bagaimana cara evaluasi kurkumin sebagai Antioxidant dengan  spektrofotometri ?

C.  Tujuan

Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah :
1.      Untuk memahami penggunaan spektrofotometri derivatif dalam penentuan kadar senyawa dalam suatu campuran.
2.      Untuk mempelajari cara evaluasi kurkumin sebagai antioxidant dengan spektrofotometri..

BAB II

PEMBAHASAN

A.  Spektrofotometri

Spektrofotometri adalah suatu metode analisis yang berdasarkan pada pengukuran serapan sinar monokromatis oleh suatu lajur larutan berwarna pada panjang gelombang yang spesifik dengan menggunakan monokromator prisma atau kisi difraksi dan detektor vakum phototube atau tabung foton hampa. 
Panjang gelombang cahaya UV atau cahaya tampak bergantung pada mudahnya promosi elektron. Molekul-molekul yang memerlukan lebih banyak energi untuk promosi elektron akan menyerap pada panjang gelombang yang lebih pendek. Molekul yang memerlukan energi lebih sedikit lebih sedikit akan menyerap pada panjang gelombang yang lebih panjang. Senyawa yang menyerap cahaya dalam daerah tampak (yakni senyawa berwarna) mempunyai elektron yang lebih mudah dipromosikan daripada senyawa yang menyerap pada panjang gelombang UV yang lebih pendek (Fessenden & Fessenden, 1986).

B.  Spektrotometri Derivat UV-Vis

Analisis kualitatif terhadap sejumlah komponen yang terdapat bersamaan dalam suatu larutan dapat dilakukan secara simultan dengan matode spektrofotometri. Hal ini disebabkan oleh adanya sifat aditif dari besaran absorbansi. (Surawidjaja, 1997). Spektrofotometri derivatif merupakan metode manipulatif terhadap spektra pada spektrofotometri ultraviolet dan cahaya tampak (Connors, 1982). Pada spektrofotometri konvensional, spektrum serapan  merupakan plot serapan (A) terhadap panjang gelombang (λ). Pada metode spektrofotometri derivatif, plot A lawan λ, ditransformasikan menjadi plot dA/d  lawan  λ untuk derivatif pertama, dan d2A/dλ2 lawan  λ untuk derivatif kedua, dan seterusnya. Panjang gelombang serapan maksimum suatu senyawa pada spektrum normal akan menjadi λ zero crossing  pada spektrum derivatif pertama. Panjang gelombang tersebut tidak mempunyai serapan atau dA/d  λ = 0. Metode spektrofotometri derivatif dapat digunakan untuk analisis kuantitatif zat dalam campuran dimana spektrumnya mungkin tersembunyi dalam suatu bentuk spektrum besar yang saling tumpang tindih dengan mengabaikan proses pemisahan zat yang bertingkat-tingkat (Munson, 1991).
Pencemaran Hexazinone sebagai salah satu herbisida berbahaya sangat memprihatinkan sehubungan dengan pencemaran lingkungan. Sehingga dianggap perlu penentuan kadarnya dalam air dan lahan lindi yang memiliki kelarutan baik terhadap herbisida. Hernanjez (2011) mengusulkan tekadnya menganalisis hexazinone golongan herbisida dengan metode analisis spektrofotometri derivative UV-Vis. Untuk analisis teknis dan dirumuskan pestisida, CIPAC mengusulkan kuantifikasi hexazinone dengan kromatografi cair pada C8 kolom, menggunakan air-asetonitril 50:50 (v / v) sebagai eluen dan UV deteksi pada 254 nm.
Sehubungan dengan Tipe Kuadrat Partial Least I (PLS-1), itu adalah regresi kuat alat untuk multi-komponen analisis saat digunakan dengan teknik seperti UV-Vis dan dekat dan pertengahan inframerah . Tipe Partial Least Square merupakan salah satu metode kalibrasi multivariat yang digunakan untuk menghitung nilai komponen utama data hasil percobaan dan membentuk model regresi antar nilai.
Metode Spektrofotometri derivat uv-vis dengan PLS dapat diusulkan untuk penentuan tentang spektrum HEXA ditekan dan air, seperti lahan mengandung air lindi. Gangguan pengotor dapat dihindarkan oleh alat-alat multivariate kalibrasi menggunakan PLS-1 strategi, pada  suatu matriks biner dirancang dengan HEXA analit dan garam sodium cuka. Diperoleh hasil selama kalibrasi internal dan eksternal, kalibrasi model dengan spektral terbentang dari 205 untuk 270 nm, dan dua faktor untuk memperagakan. sayangnya, hasil yang diperoleh untuk air laut tidak memuaskankarena berkadar garam tinggi dari  acuan/matriks mengurangi daya larut dari  herbisida.

C.     Evaluasi Kurkumin dengan Spektrofotometri UV-Vis

Spektrofotometri dan cemiluminisens merupakan metoda untuk evaluasi tentang  aktivitas antioxidant dari kurkumin  pada sistem model berbeda, yang dapat ditemukan aplikasi pengendalian mutu penambah rasa makanan dan obat yang mengandung kurkumin.
Kemurnian DNA sebagai bahan uji, mengasingkan dari HL-60 sel oleh prosedur yang dievaluasi oleh UV–VIS spektrofotometri. Dua contoh, berisi DNA dengan konsentrasi berturut-turut 5 µ L DNA/ml air dan 20 µ L DNA/ml air. Absorbansi A1 dan A2 diukur di panjang gelombang 248 dan 280 nm dan faktor resolusi dihitung. Faktor resolusi diukur dalam perbandingan antara A1 dan A2 pada 248 dan 280 nm berturut-turut, Dimana indikator untuk kemurnian DNA dan secara normal harus antara1.7 dan 1.9. Nilai Yang diukur adalah 1.86.
Metoda evaluasi dengan spektrofotometri sangat bermanfaat secara kualitatif dan kuantitatif kendali menyangkut antioxidant alami dari curcumin di dalam obat/bidang kedokteran dan dalam obat/racun dan industri makanan. Interaksi DNA dan curcumin saat dievaluasi oleh UV–VIS spektroskopi memiliki hasil beberapa interaksi antara curcumin dan DNA, hidrogen mungkin didasarkan pada yang mengikat dan interaksi van der Waals yang kompleks” sebab dapat berupa mekanisme perlindungan DNA melawan terhadap kerusakan radikal bebas.

DAFTAR PUSTAKA


Fessenden, Ralp J. & Joan S. Fessenden, 1986, Kimia Organik Jilid 2, Penerbit Erlangga, Jakarta

Hernandez, A. , Velazquez M.M ., dan Marquez R.J.M., 2011, Determination of Hexazinone in Environmental Samples by Uv-Vis Spectrophotometry-Partial Least Squares Regression, Research Journal of Chemical Sciences, Vol. 1(8),36-41, Mexico
Stanchev, S., Ivanka, P., Spiro, K., Danka, O., dan Vera H., 2012, Application of UV–Vis spectrophotometric and chemiluminescent methods for the evaluation of the antioxidant action of curcumin, Journal Seb. Chem. Soc. 77 (8), 1063-1069, Bulgaria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar