Powered By Blogger

Total Tayangan Halaman

Jumat, 27 Desember 2013

Mikrobiologi 1



1.Apa yang dimaksud dengan dogma sentral dan siapa yang mengemukakan ?
2.Jelaskan proses replikasi DNA pada bakteri !
3.Apa yang dimaksud dengan gena dan jelaskan hubungan struktur gena dengan fenotipe jasad hidup !
4.Apa yang dimaksud dengan mutasi dan jelaskan penyebabnya !
5.Jelaskan perbedaan antara transkripsi dan translasi pada jasad eukariotik dengan jasad prokariotik !

Jawaban

1. Dogma sentral adalah Teori yang menyatakan bahwa gena mengendalikan sintesis RNA dan pada gilirannya RNA menentukan sifat protein yang dibentuk. Yang mengemukakan adalah Francis Crick.

2. Dalam replikasi, masing-masing rantai DNA akan bertindak sebagai cetakan untuk membentuk rantai DNA baru yang komplementer dengan rantai DNA cetakannya. Titik dimulainya replikasi disebut origin. Selanjutnya replikasi bergerak kedua arah yang berlawanan dank arena DNA bakteri bentuknya melingkar maka kedua arah replikasi tersebut akan saling bertemu sehingga menghasilkan duplikat DNA yang juga melingkar. Masing-masing DNA melingkar tersebut lalu diwariskan kepada sel anakan pada saat pembelahan sel.

3. Gena adalah Urutan nukleotida pada DNA yang mengkode urutan nukleotida RNA dan urutan asam amino pada protein yang disintesis. Protein (enzim) sangat penting karena enzimlah yang menentukan seluruh cirri dan kegiatan vital yang dilakukan sel hidup.

4. Mutasi adalah Perubahan informasi genetic, Mutasi dapat terjadi akibat ketidakstabilan nukleotida. Basa nitrogen pada nukleotida dapat menyerap energi dari benturan dengan molekul air sehingga mengalami perubahan tautomerik. Perubahan ini dapat menyebabkan perubahan sifat basa sehingga G yang seharusnya berpasangan dengan C (G=C), akibat perubahan dapat berpasangan dengan T (G=T) atau T=G, dan C=A. Hal ini tentu dapat mengubah urutan nukleotida pada DNA sehingga mengubah informasi genetik yang dikandungnya

5. Transkripsi dan translasi lebih rumit pada eukariot dibandingkan dengan prokariot. Transkripsi terjadi di dalam nukleus dan mRNA yang dihasilkan dimodifikasi dulu sebelum ditranslasikan di dalam sitoplasma. Bagian intron akan dilepas dan bagian ekson akan disambung sehingga terbentuklah mRNA yang siap ditranslasikan. Ribosom yang mentranslasikan mRNA juga tipe 80s. Sedangkan Pada prokariot, translasi terjadi sebelum transkripsi sepenuhnya dirampungkan. Hal ini dimungkinkan karena pada prokariot molekul mRNA di translasikan berdasarkan arah dari ujung 5` ke ujung 3`. Selain dari itu, pada prokariot tidak terdapat membran inti, sehingga tidak ada yang memisahkan transkripsi dan translasi (sebagaimana yang terjadi pada eukariot) sehingga translasi dapat segera dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar